Salah satu ciri masyarakat perkotaan adalah munculnya kompleksitas persoalan sosial. Terjadinya pergeseran nilai di level individu, keluarga dan masyarakat. Problem keluarga berkembang dengan cukup banyak varian kasus yang muncul. Seperti kekerasan dalam rumah tangga, keretakan hubungan suami isteri, gangguan interaksi karena perbedaan sikap dan tingkah laku, masalah penyesuaian diri, Keluarga dengan lingkungan yang tidak layak seperti Kumuh, asusila dan kejahatan
Untuk mengatasi persoalan ini, selama ini dominan menggunakan pendekatan religius, kekerabatan, dan psikologi. Individu yang mengalami masalah keluarga cenderung tertutup, takut dan tidak mau untuk mengungkapkannya kepada orang lain. Jikapun ada, tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan mekanisme biasa. Inilah yang mulai kita dorong masyarakat untuk berani mengungkap masalah yang berpotensi jadi besar dan menimbulkan akibat yang tidak diinginkan
Dinas Sosial Kota Payakumbuh melalui program LK3 (Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga) hadir ditengah masyarakat dengan pelayanan keliling memberikan pelayanan konseling, konsultasi, penyebarluasan informasi, outreach / Penjangkauan, perlindungan, pendampingan dan pemberdayaan keluarga secara profesional
Dengan konseling, diharapkan keluarga dapat memahami dan memiliki alternatif pemecahan masalah mereka sendiri. Juga untuk menumbuhkan kepedulian keluarga, kelompok, masyarakat dan organisasi terhadap permasalahan keluarga dan cara mengatasinya sehingga dapat berperan secara aktif
Layanan LK3 memiliki prinsip menjaga kerahasiaan klien. Ada ruang khusus yang disediakan dalam bus layanan yang nyaman. Menjunjung tinggi harkat dan martabat keluarga. Tidak diskriminatif, mewujudkan tanggungjawab sosial, serta memberikan keleluasaan kepada klien untuk menentukan alternatif pemecahan.
LK3 memiliki struktur dimana Dinas Sosial sebagai pembina dan penanggungjawab. Sedang struktur pelaksana berasal dari unsur masyarakat, pekerja Sosial, tokoh agama, praktisi hukum dan konselor. LK3 juga memiliki jaringan kerja dengan Lembaga Adat, LBH, Lembaga Pelayanan Kesejahteraan Sosial, Lembaga Pelayanan Kesehatan, Lembaga Pendidikan, Orsos/LSM, dan juga media masa. Saat ini Ketua adalah Novanto Yudistira, Wildawati sebagai sekretaris dan Noni Syaweli sebagai bendahara
Pelayanan LK3 sudah berjalan sejak tahun 2010 sesuai dengan Pedoman Umum LK3 No 03/PS/PK/V/2010. Di tahun 2021 kita berinisiatif untuk ‘jemput bola’ dengan mendatangi setiap kelurahan di lima kecamatan yang ada di kota Payakumbuh. Adapun yang sudah berjalan di Kelurahan Koto Panjang Dalam (Latina), Sawahpadang Aua Kuniang (Selatan) dan Balai Jariang (Timur). Kecamatan Payakumbuh Barat dan Utara akan menyusul.
0 Komentar